Rabu, 05 November 2008

Tentukan sendiri jalanmu


Banyak pengamat/pelaku bisnis berpendapat bahwa krisis di Indonesia adalah dampak dari krisi di Amerika. Pertanyaanya adalah “ kenapa harus Amerika yang menentukan nasib bangsa ini ?”, wajar memang apabila Indonesia terkena dampak dari krisis di amerika, sebagai negara yang didominasi oleh investasi dari investor asal Amerika indonesia sangat merasakan dampak krisis di negeri Uncle Sam tersebut. Mulai dari bursa yang fluktuatifnya menjadi ekstrim, nilai tukar rupiah yang menjadi sangat rendah, harga minyak yang tidak menentu dan banyak dampak buruk lainnya.
Saya memang tidak tahu pasti apa sebenarnya penyebab krisis di negeri ini bila dilihat dari dampak krisis Amerika, karena saya sendiri memang bukan pengamat ekonomi. Tetapi yang saya tahu pasti dan menurut pemikiran menggunakan logika yang paling rendah seharunya bangsa ini bisa menentukan nasibnya sendiri. Bangsa ini sudah cukup banyak memiliki orang-orang pintar dibidang ekonomi dan investasi (walaupun masih dipertanyakan ke endoneisaannya) untuk diberdayakan dalam mencari solusi dari krisis yang kita alami, cadangan uang dan sumber daya pun saya rasa belum habis semua.
Intinya adalah apakah bangsa ini mau dan berani untuk menentukan langkahnya sendiri, 63 tahun sudahlah cukup untuk bisa berjalan tanpa ditatah oleh bangsa lain. Naif memang kalau saya berbicara mengenai bangsa yang berjalan sendiri, dari personal kita saja saya rasa di usia yang boleh dibilang cukup dewasa kita masih belum percaya diri untuk bisa berjalan sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Untuk itu solusinya yang paling mudah dilakukan adalah dimulai dari diri sendiri.
semua yang berhubungan dengan hidup kita, kitalah yang menentukan, bukan orang lain. Bukan berarti kita keras kepala atau bahkan autis, sangat baik apabila kita mendengarkan orang lain yang memberikan masukan atau pendapat kepada kita, tapi yang harus diingat itu adalah pendapat selanjutnya bagaimana kitalah yang memutuskan.


:: Apakah anda sudah bisa menentukan jalan anda sendiri ? ::


Tidak ada komentar: